Mahasiswa Universitas Negeri Malang, Nana Apriyana Djarwal, berhasil lulus sidang skripsi. Sidang skripsi dilaksanakan di ruang khusus sidang skripsi Gedung D5 Laboratorium Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Ujian skripsi dilaksanakan pada hari Senin, 10 Juni 2024 tepat pukul 07.00 WIB. Nana Apriyana Djarwal mampu melewati berbagai rintangan sebagai mahasiswa semester akhir di kampus ini.

Ujian skripsi tidak seseram yang dibayangkan. Pada awalnya, saya merasa gugup dan cemas saat mempersiapkan dan melaksanakan sidang skripsi. Namun, Nana Apriyana Djarwal mampu menguasai materi dengan baik dan mempresentasikan materi dengan lancar.

Pada saat sidang skripsi Nana apriyana Djarwal yang berjudul PENGARUH KEBERHASILAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MELALUI KINERJA GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI KOTA TUAL MALUKU diuji oleh tiga dosen penguji yakni Ibu Desi Eri Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd. sebagai penguji utama, Bapak Dr. R. Bambang Sumarsono, S.Pd., M.Pd. sebagai penguji I, dan Ibu Dr. Sunarni, S. Pd., M. Pd. sebagai penguji II.  Semua penguji dapat menghadiri ujian Nana apriyana Djarwal di ruang Laboratorium Administrasi Pendidikan. Ujian berlangsung dengan baik, lancar, dan sukses, sehingga Nana Apriyana Djarwal dinyatakan lulus.

Skripsi mengenai ”Pengaruh Keberhasilan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Kinerja Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku” dibuat dengan berbagai maksud dan tujuan yaitu sebagai berikut: (1) untuk mengetahui tingkat keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Kota Tual Maluku, (2) untuk mengetahui tingkat kinerja guru di SD Negeri Kota Tual Maluku, (3) untuk mengetahui tingkat keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku, (4) untuk menguji ada atau tidak ada pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kota Tual Maluku, (5) untuk menguji ada atau tidak ada pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku, (6) untuk menguji ada atau tidak ada pengaruh keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah melalui kinerja guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku.

Penelitian ini dilakukan Nana di 20 sekolah SD Negeri di Kota Tual Maluku. Selain itu, pengambilan data selama penelitian juga dilakukan melalui proses observasi dan juga studi dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa: (1) Tingkat keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Kota Tual Maluku di kategorikan baik; (2) Tingkat kineja guru di SD Negeri Kota Tual Maluku di kategorikan baik; (3) Tingkat implmentasikan kurikulum merdeka di SD Negeri Kota Tual Maluku dikategorikan baik; (4) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru; (5) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kurikulum merdeka; dan (6) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kurikulum merdeka melalui kinerja guru sebagai variabel intervening.

Translate »