Pada hari Rabu 29 Mei 2024 merupakan hari dimana seorang mahasiswa merasa haru, senang , sekaligus cemas, karena pada hari tersebut seorang mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan yang bernama Linda Nur Inayah melaksanakan sidang skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru dan Manajemen Program Akselerasi terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Akselerasi di MAN Se-Kota Malang”. Sidang skripsi tersebut dilaksanakn di Gedung D5 Laboratorium Administrasi Pendidikan pada pukul 13.00 – 14.30 WIB, pelaksanaan sidang skripsi berjalan dengan lancar dan tidak semenakutkan dan menegangkan seperti apa yang ada di bayangan Linda sebelumnya.
Sidang skripsi diuji oleh tiga dosen penguji, yaitu: (1) Prof. Drs. H. Burhanuddin, M.Ed. Ph.D. sebagai Penguji Utama; (2) Dr. Mustiningsih, M. Pd. sebagai Dosen Pembimbing I; dan (3) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M. Pd.sebagai Dosen Pembimbing II. Kegiatan sidang skripsi diawali dengan pembukaan oleh dewan penguji, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil penelitian skripsi mahasiswa selama 15 menit. Selanjutnya, dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab oleh mahasiswa dan dewan penguji, dimana penguji utama menapatkan waktu diskusi dan bertanya selama 45 menit sedangkan pembimbing I dan II selama 15 menit. Setelah itu waktu penentuan apakah mahasiswa tersebut inyatakan lulus atau tiak. Dan Alhamulillah, mahasiswa atas nama Linda Nur Inayah ini dinyatakan tidak mengulang atau lulus dengan hasil yang memuaskan.
Penelitian yang dilakukan oleh Linda Nur Inayah di MAN Se-Kota Malang di laksanakan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan tingkat kompetensi guru akselerasi di MAN Se-Kota Malang; (2) mendeskripsikan tingkat manajemen program akselerasi di MAN Se-Kota Malang; (3) mendeskripsikan tingkat motivasi peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang; (4) menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang; (5) menganalisis pengaruh manajemen program akselerasi terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi; dan (6) menganalisis pengaruh kompetensi guru dan manajemen program akselerasi terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang.
Pengambilan data penelitian dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner atau angket kepada seluruh populasi yaitu 105 peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang. Hasil penelitian Linda Nur Inayah, menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kompetensi guru di MAN Se-Kota Malang dalam kategori sangat tinggi; (2) Tingkat Manajemen program akselerasi di MAN Se-Kota Malang dalam kategori sangat tinggi; (3) Tingkat motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN Se-Kota Malang dalam kategori sangat tinggi; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru dan motivasi belajar peserta didik di MAN Se-Kota Malang; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen program akselerasi dan motivasi belajar peserta didik di MAN Se-Kota Malang; dan (6) Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi guru dan manajemen program akselerasi terhadap motivasi belajar peserta didik akselerasi di MAN se-Kota Malang, Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama kompetensi guru dan manajemen program akselerasi berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan kontribusi yang sangat tinggi.