VMTS Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan FIP UM Visi Unggul dalam penemuan keilmuan manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kapabel dan inovatif pada tahun 2030.   Misi
  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan mengintegrasikan hasil penelitian, pengembangan dan penemuan baru untuk menghasilkan doktor manajemen pendidikan yang unggul dalam bidang manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan.
  2. Melaksanakan pengkajian, mengembangan dan menemukan ilmu dan teknologi bidang manajemen, kepemimpinan dan supervise pendidikan melalui penelitian yang sesuai dengan kebutuhan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyebarluaskan hasil pengembangan dan penemuan baru dalamu lmu dan teknologi manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan masyarakat.
  Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan menemukan konsep dan teori baru bidang manajemen, kepemiminan dan supervisi pendidikan, serta mampu berinovasi dalam implementasi pengelolaan satuan/lembaga pendidikan.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang baru dan inovatif bereputasi internasional berdasarakan penelirian dan pengembangan ilmu bidang manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berupa penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi bidang manajemen, kepemimpinan dan supervisi pendidikan untuk mengembangkan kualitas pendidikan, produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.
  Sasaran
Sasaran Strategi Strategi
Meningkatnya Kualitas Mahasiswa dan Lulusan Optimalisasi Kapabilitas Mahasiswa:
  1. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Membentuk tim pengembang bidang penalaran dan keilmuan, bakat, minat dan kegemaran, kesejahteraan, kepemimpinan, dan kepedulian sosial.
  3. Menjalin kerjasama dengan mitra untuk mendukung perolehan pengalaman belajar mahasiswa di luar kampus.
  4. Menjalin kerjasama dengan mitra untuk mendukung perolehan beasiswa, dan praktik wirausaha mahasiswa.
  5. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan untuk memberikan layanan belajar mahasiswa difabel.
Optimalisasi Kualifikasi dan Kapabilitas Lulusan:
  1. Membentuk unit pusat karir.
  2. Menjalin kerjasama dengan mitra untuk mendukung keterserapan lulusan di dunia kerja yang sesuai, melanjutkan studi, dan memiliki ketrampilan wirausaha yang memadai.
  3. Meningkatkan dan menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berdaya saing global yang disiapkan melalui program kurikuler dan ekstrakurikuler.
Optimalisasi Karakter dan Literasi Mahasiswa:
  1. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan pembinaan karakter, belanegara dan wawasan kebangsaan sebagai upaya untuk menanamkan rasa kebangsaan dan cinta NKRI.
  2. Menyelenggarakan forum ilmiah nasional dan internasional sebagai wadah publikasi mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang mendapatkan rekognisi baik nasional maupun internasional secara berkelanjutan.
  3. Memberikan pelatihan secara berkala kepada mahasiswa agar memperoleh hak paten dan hak cipta.
  4. Optimalisasi pengembangan literasi dalam kegiatan akademik dan non akademik serta ruang publik di area FIP.
Meningkatnya Kualitas Proses Pendidikan Implementasi Kurikulum Berbasis Kehidupan: 1.    Mengimplementasikan sistem pendidikan dan pembelajaran berbasis kehidupan. 2.    Memberikan peran kepada KBK untuk mengembangkan pendidikan dan pembelajaran berbasis kehidupan. 3.    Menjalin kerjasama dengan pihak luar dengan fokus pada dukungan mutu pendidikan dan pembelajaran. 4.    Memfasilitasi program studi S2 dan S3 untuk mendapat akreditasi A / Unggul. 5.    Menfasilitasi peningkatan proses pendidikan dan pembelajaran berbasis pemecahan kasus (case method) atau project-based learning, atau model pembelajaran inovatif lainnya. 6.    Menfasilitasi peningkatan layanan pendidikan, antara lain jumlah bahan ajar, media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya. 7.    Mengfasilitasi peningkatan sumber daya untuk optimalisasi proses pendidikan dan pembelajaran. 8.    Internalisasi nilai-nilai pendidikan dan pembelajaran berbasis kehidupan kepada sivitas kampus yang meliputi perencanaan, implementasi, serta monitoring dan evaluasi.
Standarisasi dan Rekognisi (Nasional dan International): 1.    Memberikan fasilitas guna meningkatkan jumlah prodi yang terakreditasi internasional. 2.    Mengembangkan kegiatan seminar/konfererensi nasional, internasional, dan kegiatan ilmiah lainnya untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi dosen dan mahasiswa. 3.    Meningkatakan keterlibatan mahasiswa dalam mengikuti berbagai Lomba Nasional dan Internasional baik mandiri maupun Belmawa. 4.    Memfasilitasi mahasiswa memperoleh penghargaan/prestasi berbagai lomba karya ilmiah inovatif dan minat/bakat di kancah lokal, regional, nasional, dan internasional. 5.    Menfasilitasi keterlibatan mahasiswa untuk memperoleh pengakuan dari Kemenkumham Republik Indonesia dengan status Hak Paten dan Hak Cipta.
Meningkatnya Kualitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Optimalisasi Kualitas Penelitian: 1.    Mendorong peningkatan kuantitas dan peneliti, baik dari unsur dosen maupun tenaga kependidikan 2.    Menyediakan berbagai skema, sarana dan prasarana riset dan inovasi 3.    Meningkatkan jumlah jurnal terakreditasi 4.    Meningkatkan peringkat akreditasi jurnal 5.    Meningkatkan penjaminan mutu pelaksanaan riset dan inovasi 6.    Menguatkan peran lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam menghasilkan produk unggulan hasil riset dan inovasi 7.    Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan mitra (dalam dan luar negeri) ke dalam seluruh proses riset dan inovasi
Optimalisasi Kualitas Pengabdian kepada Masyarakat: 1.    Memperkuat kebijakan dan sistem tata kelola bidang pengabdian kepada masyarakat. 2.    Meningkatkan kuantitas dan kualitas kemitraan dengan seluruh elemen multi helix baik dengan mitra dalam negeri maupun melakukan inisiasi dengan mitra luar negeri. 3.    Meningkatkan publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat baik melalui jalur publikasi ilmiah maupun publikasi popular. 4.    Mengembangkan tema unggulan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis inovasi belajar dan social entrepreneurship. 5.    Memetakan potensi sumber daya UM dan jejaring kemitraan untuk memastikan keberlanjutan eksekusi jangka panjang tema-tema unggulan pengabdian kepada masyarakat. 6.    Meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.
Meningkatnya Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Kelembagaan Optimalisasi Kualifikasi dan Kapabilitas SDM: 1.    Menambah kerjasama antara FIP dengan universitas yang masuk dalam kategori QS 100. 2.    Menfasilitasi dosen dalam bekerja sebagai praktisi di dunia industri. 3.    Menfasilitasi dosen membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi paling rendah tingkat nasional. 4.    Menfasilitasi dosen untuk percepatan studi lanjut S3. 5.    Meningkatkan kerjasama dalam rangka menfasilitasi dosen yang memiliki sertifikasi kompetensi/ profesi yang diakui oleh industri dan dunia kerja; atau berasal dari kalangan praktisi profesional, dunia industri, atau dunia kerja. 6.    Menfasilitasi tenaga kependidikan untuk percepatan menempuh pendidikan Strata Sarjana (bagi yang belum S1) dan memiliki sertifikasi kompetensi.
Optimalisasi Reputasi FIP dan UM: 1.    Menfasilitasi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan agar memperoleh penghargaan/prestasi berbagai lomba karya ilmiah inovatif dan minat/bakat di kancah lokal, regional, nasional, dan internasional. 2.    Meningkatkan pertukaran mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik tingkat internasional. 3.    Meningkatkan perjanjian Kerjasama dengan kampus lain, di QS 100 berdasarkan bidang ilmu.
Digitalisasi dan Sinkronisasi Tata Kelola: 1.    Meningkatkan ketersediaan dan kapasitas sarana prasarana khususnya pendukung perangkat digitalisasi pembelajaran dan peralatan penunjang tridharma. 2.    Meningkatkan pengelolaan sarana-prasarana/infrastruktur untuk mengakomodasi pengembangan manajemen dan sistem tata kelola yang transparan dan akuntabel. 3.    Meningkatkan kualitas sistem informasi yang terintegrasi di FIP, universitas dan pusat pangkalan data kementerian. 4.    Mengembangkan lingkungan akademik yang kondusif berbasis digital.
Penguatan Kampus Sehat: 1.    Sosialisasi pola hidup sehat dan pemanfaatan RTH. 2.    Mengembangkan pengelolaan limbah. 3.    Memfasilitasi sumberdaya yang memadai untuk aktivitas olahraga.
Meningkatnya Kualitas Kinerja Keuangan Optimalisasi Pengelolaan Keuangan: 1.    Optimalisasi dan efisiensi pengelolaan keuangan yang bersumber dari APBN dan Non APBN. 2.    Pengelolaan hasil usaha dan kerjasama sebagai penopang operasional FIP. 3.    Pengembangan sistem informasi manajemen keuangan dan perencanaan terpadu.
Optimalisasi Sumberdaya Sebagai Income Generating: 1.    Mendirikan dan mengembangkan unit usaha barang dan jasa seperti aula, kantin dan laboratorium pada masing-masing Departemen. 2.    Meningkatkan kerjasama dengan stakeholders eksternal dalam pengembangan usaha barang dan jasa.
 
Jumlah Guru Besar
Guru Besar 52%
Jumlah Lektor Kepala
Lektor Kepala 48%
Jumlah Doktor
Jumlah Doktor 48%
Translate »