prosidingKunci sukses pelaksanaan pendidikan tidak bisa terlepas dari peran yang dilakukan kepala sekolah dan guru. Menurut pendapat beberapa ahli posisi tersebut disebut sebagai Headmaster and teacher are privileged position yaitu posisi yang sangat teristimewa yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Klien utama dari layanan kepala sekolah dan guru adalah para siswa, tingkat kualitas layanan yang disajikan akan sangat menentukan kualitas lulusan sekolah. Konteks layanan pendidikan tidak hanya yang termaktub dalam tugas pokok dan fungsi guru dan kepala sekolah, mengingat klien pendidikan adalah manusia yang memiliki potensi akal, pikir, karsa dan rasa maka cara melayaninya tidak statis melainkan dinamis dan fleksibel. Proses pelayanan harus melibatkan hati dan perasaan, hubungan siswa dan pendidik bersifat interaksi edukatif, dimana masing-masing individu memiliki peran yang saling mengisi.

Berapa permasalahan pendidikan yang bersumber dari siswa pada dasarnya adalah imbas dari pola interaksi akademik yang belum berjalan dengan baik. Kenakalan remaja, tawuran antar pelajar, capaian nilai akademik yang rendah, perilaku pelajar yang kurang baik bisa jadi muara masalahnya adalah berada pada kualitas interaksi edukatif yang masih rendah. Ke depan pendidikan Indonesia akan lebih baik lagi.

Seminar nasional yang diselenggarakan Jurusan Administrasi Pendidikan, dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2015 di Aula A3 Universitas Negeri Malang. Narasumber seminar yaitu: Burhanudin Tola, Ph.D, Prof. Dr. Ali Imron,M.Pd, Burhanuddin, Ph.D, dan Retno Kinteki. Tema seminar yaitu Meningkatkan Layanan Guru dan Kepala Sekolah dalam Penumbuhan Budi Pekerti (lihat….. Cover dan Daftar Isi Prosiding Seminar).

Seminar nasional juga menghimpun prosiding dari peserta yang terkait dengan tema seminar. Berikut artikel yang termuat dalam prosiding tersebut.

 

DAFTAR ISI

Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa di Sekolah
Ahmad Yusuf Sobri 1-10
Kepemimpinan Visioner dalam Menumbuhkan Budaya Budi Pekerti
Organisasi Sekolah
Sunarni 11-24
Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Nilai Karakter
Syunu Trihantoyo 25-35
Sistem Rekrutmen dan Manajerial Kompetensi Guru Honorer
Asep Sunandar 36-45
Penumbuhan Budi Pekerti melalui Peran Orang Tua dan Guru Di Sekolah
R. Bambang Sumarsono 46-55
Profesi Guru: 10 Tahun Setelah Undang-Undang Guru dan Dosen Disahkan
Ahmad Nurabadi 56-64
Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik Melalui Nilai-Nilai dan Etika Kepemimpinan Pendidikan dengan Pendekatan Soft System Methodology
Imam Gunawan 65-84
Muhammad Syafei: Menjadi Manusia Merdeka Berpikir Harus, Manusia Priyayi Elit Jangan
Teguh Triwiyanto 85-96
Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping di Sekolah Dasar
Windyahing Hastuti 97-110
Guru Dengan Pemahaman Perilaku Komunikasi Anak dengan Autism
Ade Dian Firdiana 111-119
Guru Yang Bekerja dengan Kecerdasan Spiritual
Abu Bakar 120-131
Kemampuan Kepala Sekolah dan Guru dalam Proses Pembelajaran
Pendidikan Karakter
Wiwik Widiyati 132-149
Penumbuhan Budi Pekerti Peserta Didik
Ibrahim Bafadal 150-159
Efektifitas Kinerja Komite Sekolah dalam Layanan Mutu Pendidikan
Fathurrahman 160-172
Strategi Manajerial Pemimpin dalam Membangun Budi Pekerti Stakeholders Organisasi
Achmad Supriyanto 173-184
Kekepalasekolahan
Burhanuddin 185-211
Kesinambungan Pendidikan Budi Pekerti Di Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat
Sulthoni 212-222
Strategi Penguatan Karakter Peserta Didik Oleh Kepala Sekolah
Juharyanto 223-237

Translate ยป