Mahasiswa bernama Nimas Bella Puspita dari Administrasi Pendidikan (AP), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang berhasil menyelesaikan sidang skripsi yang digelar pada hari Selasa, 28 Mei 2024. Sidang yang dilaksanakan di ruang kepala Laboratorium AP mulai pukul 11.00 hingga 12.30 WIB ini dilakukan untuk menguji skripsi Nimas yang berjudul “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Terakreditasi A dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Multi Situs di SDN 1 Balong dan SDN 3 Bangunsari Ponorogo)”. Nimas berhasil melewati semua tahapan penelitian dan melakukan presentasi di depan tiga dewan penguji, yaitu Prof. Dr. Imron Arifin, M.Pd., Dr. Raden Bambang Sumarsono, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Sunarni, S.Pd., M.Pd dengan hasil memuaskan.

Penelitian yang dilakukan oleh Nimas tersebut membahas mengenai strategi kepala sekolah dasar terakreditasi A dalam meningkatkan mutu pendidikan yang dilakukan melalui program akreditasi sekolah. Dalam presentasinya tersebut, Nimas menjelaskan tentang tiga fokus dalam penelitiannya, yaitu: 1) langkah-langkah strategi kepemimpinan kepala sekolah dasar terakreditasi A dalam meningkatkan mutu pendidikan; 2) kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dasar terakreditasi A dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan 3) indikator keberhasilan peningkatan mutu pendidikan melalui strategi kepemimpinan kepala sekolah dasar terakreditasi A.

Penelitian ini dilakukan Nimas di dua lembaga pendidikan yaitu SDN 1 Balong dan SDN 3 Bangunsari Ponorogo. Tak hanya mengambil data dari kepala sekolah, Nimas juga melakukan wawancara dengan guru, tenaga kependidikan, komite sekolah, dan wali murid. Selain itu, pengambilan data selama penelitian juga dilakukan melalui proses observasi dan juga studi dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah strategi kepemimpinan kepala sekolah dasar terakreditasi A meliputi menyusun visi yang jelas, peningkatan nilai Rapor Pendidikan, menjaga kualitas pembelajaran, membangun koordinasi yang baik dengan stakeholders sekolah, dan menjaga image sekolah; 2) kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dasar terakreditasi A meliputi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial; serta 3) indikator peningkatan mutu pendidikan melalui strategi kepemimpinan kepala sekolah dasar terakreditasi A terwujud dengan terpenuhinya delapan Standar Nasional Pendidikan.

            Proses penelitian skripsi yang dilalui Nimas memang tidak mudah. Ia harus melakukan penelitian di Kabupaten Ponorogo sambil melakukan bimbingan dengan dosen pembimbingnya di Kota Malang. Namun, dengan tekad yang kuat dan dukungan dari dosen pembimbing serta keluarga, Nimas mampu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapinya selama proses penelitian. Selain itu, Nimas juga mengucapkan rasa terima kasih kepada dosen pembimbingnya yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama proses penelitian. Menurutnya, dukungan dan arahan tersebut berperan penting dalam proses penyelesaian penulisan skripsi. Dengan kelulusannya ini, Nimas tidak hanya berhasil mendapatkan gelar sarjana Administrasi Pendidikan, tetapi juga membuktikan bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, segala hal bisa dicapai. Ia berharap penelitiannya mengenai strategi kepemimpinan kepala sekolah ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan dunia pendidikan, khususnya di bidang administrasi dan manajemen pendidikan

Translate »