PENGANTAR REDAKSI
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN diterbitkan pertama kali tahun 1988 oleh Jurusan Administrasi Pendidikan dengan nama KELOLA.
JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN berisi tulisan tentang gagasan konseptual, hasil penelitian, kajian dan aplikasi teori, dan tulisan praktis tentang manajemen pendidikan. Terbit dua kali setahun bulan Maret dan September, Satu Volume terdiri dari 6 Nomor (ISSN 0852-1921).
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang, Jln. Semarang No. 5 Malang 65145 Gedung E2 Telepon (0341) 551312 psw. 219 dan 224. Saluran langsung dan fax. (0341) 557202. : umanpen@yahoo.com. Langganan 1 (satu) nomor Rp.100.000,00 (Seratus Ribu Rupiah). Uang langganan dapat dikirimkan melalui rekening tabungan ke alamat Pelaksana Tata Usaha.
Ketua Penyunting
Desi Eri Kusumaningrum
Wakil Ketua Penyunting
Teguh Triwiyanto
Penyunting Pelaksana
Sunarni
Asep Sunandar
R. Bambang Sumarsono
Wildan Zulkarnain
Ahmad Nurabadi
Juharyanto
Mitra Bebestari
Dwi Deswari (UNJ)
Rusdinal (UNP)
Ali Imron (UM)
Aan Komariyah (UPI)
Ahmad Yusuf Sobri (UM)
Pelaksana Tata Usaha
Imam Gunawan
Sasi Maulina
Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Naskah diketik di atas kertas HVS kuarto spasi satu setengah minimal 20 halaman, dengan format seperti tercantum pada bagian berikut (“Petunjuk bagi Calon Penulis Jurnal MP“), Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah, dan tata cara lainnya.
Berikut tiap edisi dari Jurnal Manajemen Pendidikan
Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 25 No. 2 Sepetember 2016
DAFTAR ISI
Pemenuhan Standar Kelulusan dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah, 121-128, Sulasminten, Erny Roesminingsih, Syunu Trihantoyo
Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah Menengah Pertama Negeri, 129-133, Muslimin
Manajemen Kurikulum Pelatihan di Autotronic Department, 134-142, Candra Iswahyudi, M. Huda A. Y., Raden Bambang Sumarsono
Latar Belakang Pendidikan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Produktivitas Guru Sma Negeri, 143-150, Choiril Irwan
Perbedaan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Administrasi Pendidikan Berdasar Variasi Asal Sekolah dalam Proses Perkuliahan, 151-159, Bahtiar Agung Pambudi, Bambang Setyadin, Asep Sunandar
Strategi Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pembelajaran, 160-168, Inun Wahyu Lestari, Imron Arifin
Persepsi Guru Terhadap Budaya Sekolah dalam Hubungannya dengan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri, 169-175, Reni Wahyuni, Nurul Ulfatin
Peningkatan Perilaku Disiplin Peserta Didik Melalui Layanan Credit Point System (CPS), 176-184, Erika Mei Budiarti, Djum Djum Noor Benty
Intensitas Komunikasi, Motivasi Kerja, dan Kinerja Tenaga Kependidikan, 185-190, Anik Wulandari, Imron Arifin
Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester, 191-199, Desi Rostika, Wildan Zulkarnain
Manajemen Ekstrakurikuler Teaching In Elementary School (Ties) di Sekolah Boarding Academy, 200-207, Angelia Fransisca Donnata, Ali Imron
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,208-214, Arrachmil Azizah, Ahmad Yusuf Sobri
Hubungan Mutu Fasilitas Sekolah dengan Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas (Sma ) Negeri, 215-223, Arif Prastiawan, Mustiningsih, Bambang Budi Wiyono
Strategi Yayasan untuk Menarik Minat Orang Tua dalam Menyekolahkan Anaknya, 224-232, Vivi Fitriana, Teguh Triwiyanto
Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 233-243, Kasrani
Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 25 No.1 Maret 2016
DAFTAR ISI
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah, 1-9, Ibrahim Bafadal
Implementasi Peran Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) dalam Meningkatkan Kinerja Guru, 10-17, Graita Novi Anggraeni, Kusmintardjo, Ahmad Nurabadi
Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Bersertifikat Pendidik, 18-29, Mediana Wahyu Pradhani, Ali Imron
Tingkat Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kepuasan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran , 30-38
Nadya Clara Shinta, Agus Timan, Wildan Zulkarnain
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik terhadap Layanan Pendidikan, 39-46, Nurul Agustin Liana, Djum Djum Noor Benty, Achmad Supriyanto
Analisi Pelaksanaan Beban Kerja Dosen (BKD), 47-56, Sunarni, Bambang Setyadin
Persepsi dan Sikap Peserta Didik tentang Media Jejaringan Sosial dalam Pemanfaatannya untuk Belajar, 57-64, Aditya Chandra Setiawan, Raden Bambang Sumarsono
Pengembangan Sistem Inventarisasi Sarana Laboratorium Berbasis Teknologi Informasi, 65-71, Rudi Setyawan, Bambang Budi Wiyono, Sunarni
Studi Eksplorasi Ekspektasi Pekerjaan Para Santri di Pondok Pesantren, 72-78, Bayu Candra Eka Putra, Bambang Setyadin, Asep Sunandar
Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD, 79-87, Annisa Puteri Kusuma Lestari, Nurul Ulfatin
Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran, 88-94, Reza Pahlevi, Ali Imron, Desi Eri Kusumaningrum
Penggunaan Face Recognition untuk Meningkatkan Disiplin Kehadiran Pegawai Negeri Sipil, 95-102, Luluk Kusniati
Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, 103-111, Siti Mistrianingsih
Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling “Sekolah Dolan”, 112-119, Faiqotul Izzatin Ni’mah
Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 24 No. 6
DAFTAR ISI
Mengembangkan Alternatif-alternatif Pendekatan dalam
Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, 467-482
Imam Gunawan
Implementasi Budaya Akademik dan Sikap Ilmiah Mahasiswa , 483-490
Dwi Nur Nikmah
Tata Ruang Kantor Tata Usaha Sekolah dalam Mendukung Pekerjaan Perkantoran, 491-497
Wildan Zulkarnain
Masalah Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar, 498-505
Mustiningsih
Manajemen Pembelajaran Aqidah Islam untuk Menggali Potensi Anak, 506-514
Aisyah Nuramini
Kondisi Sosial, Ekonomi, dan Motivasi Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi, 515-522
Shinta Delly Farnila
Agus Timan
Ahmad Nurabadi
Manajemen Ekstrakurikuler Karawitan di Sekolah Multikultural, 523-530
Satrio Ndaruyutanto
Manajemen Diklat Berjenjang oleh HIMPAUDI untuk Meningkatkan
Kompetensi Guru PAUD, 531-539
Annisa Puteri Kusuma Lestari
Nurul Ulfatin
Sunarni
Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Hubungan Industri
di Sekolah Menengah Kejuruan, 540-546
Desy Pranita Kusumawati
Agus Timan
Ahmad Nurabadi
Iimplementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam
Meningkatkan Kualitas Lulusan, 547-553
Ernie Purwanti
Bambang Budi Wiyono
Asep Sunandar
Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Produksi, 554-562
Alfi Ihyatul Islam
Ahmad Yusuf Sobri
Desi Eri Kusumaningrum
Akuntabilitas Keuangan Sekolah Berbasis Audit Keuangan, 563-570
Ufifatul Ilma
Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah, 571-577
Elya Indah Rahmawati
Hendyat Soetopo
Maisyaroh
Pengembangan Pegawai , Ketersediaan Sarana Kearsipan, dan
Keefektifan Manajemen Kearsipan, 578-582
Fatia Ayu Cahyati
Manajemen Unit Produksi di Sekolah debagai Sarana Pembelajaran, 583-590
Dina Ni’matul Maghfiroh
Jurnal Manajemen Pendidikan volume 24 no. 5
DAFTAR ISI
Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik, 357-366
Entin Fuji Rahayu
Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, 367-375
Siti Mistrianingsih
Ali Imron
Ahmad Nurabadi
Manajemen Sarana dan Prasarana di Pendidikan Anak Usia Dini, 376-382
Ika Lestari
Agus Timan
Asep Sunandar
Pengembangan Manajemen Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, 383-391
Siti Zaenab
Perbedaan Tingkat Kedisiplinan dan Karakter Pribadi Siswa Akselerasi dan Non Akselerasi, 392-401
Miftahul Jannah
Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan, 402-407
Rohmitriasih
Hendyat Soetopo
Persepsi dan Sikap Peserta Didik tentang Media Jenjaring Sosial dalam Pemanfaatannya untuk Belajar, 408-415
Aditya Chandra Setiawan
Bambang Setyadin
Raden Bambang Sumarsono
Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, 416-423
Elwien Sulistya Ningrum
Ahmad Yusuf Sobri
Proyeksi Kebutuhan Guru Agama Islam Sekolah Dasar Negeri, 424-431
Ersa Khoirur Rizqi
Djum Djum Noor Benty
Manajemen Pembelajaran Homeschooling, 432-438
Mayasari
Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Bagi Anak Terpidana, 439-446
Devi Mariana
Pengelolaam Estrakurikuler Jurnalistik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa, 447-455
Risca Apriliyandari
Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kompetensi Pedagogik terhadap Mengajar Guru, 456-466
Eka Harjanto
Jurnal Manajemen Pendidikan volume 24 no. 4
DAFTAR ISI
Pengelolaan Penjaminan Mutu Di Sekolah Menengah Atas, 267-273
Desi Nurhikmahyanti
Pengembangan Staf Di Lembaga Pendidikan, 274-281
Maisyaroh
Peningkatan Keaktifan, Kreativitas , dan Motivasi Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Model Project Based-Learning (PBL), 282-287
Wildan Zulkarnain
Raden Bambang Sumarsono
Strategi Pemasaran Lulusan SMK untuk Mempercepat Penyerapan Tenaga Kerja, 288-293
Fitria Kusuma Dewi
Nurul Ulfatin
Teguh Triwiyanto
Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dan Gulat untu Pengembangan Diri Peserta Didik, 294-299
Isnawati
Implementasi Quality Assurance System dalam Pembelajaran, 300-304
Rachmat Sidi Mawardi
Hendyat Soetopo
Achmad Supriyanto
Pengelolaan Ekstrakurikuler Jurnalistik untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa, 305-314
Risca Apriliyandari
Ali Imron
Pengaruh Kinerja Guru terhadap Kedisiplinan Peserta Didik, 315-324
Vinda Afrilia
Strategi Peningkatan dan Pemanfaatan Sumber Pembiayaan Mandiri di Pondok Pesantren,325-328
Ainur Rifqi
Mustiningsih
Manajemen Kelas Video Broadcasting, 329-335
Desiana Sunarwati
M. Huda A.Y.
Penyelenggaraan Digital Library dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan bagi Para Pemustaka, 336-340
Lillah Pamikat Trisna
Ahmad Yusuf Sobri
Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Komitmen Pegawai Dinas Pendidikan, 341-349
Anis Mustikasari
Keefektifan Peran Guru sebagai Pendidik dan Bendahara Bantuan Operasional Sekolah, 350-356
Purwanti Wahyuningtyas
Jurnal Manajemen Pendidikan volume 24 no. 3
DAFTAR ISI
Jaminan Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Pofesi bagi Guru, 181-185
Bambang Setyadin
Manajemen Kurikulum Uni-Bridge di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK), 186-192
Antonius Widi Nugroho
Ahmad Yusuf Sobri
Teguh Triwiyanto
Implementasi Program Teacher Exchange dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, 193-202
Royan Khusnul Arief
Djum Djum Noor Benty
R. Bambang Sumarsono
Kepemimpinan Pembelajaran oleh Kepala Sekolah, 203-212
Kusmintardjo
Masalah Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kerangka Model Supervisi Pengajaran, 213-220
Maisyaroh
Wildan Zulkarnain
Arbin Janu Setyowati
Susriyati Mahanal
Ketersediaan dan Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi (TI) dalam Peningkatkan Mutu Pembelajaran, 221-227
Ahmad Nurabadi
Model Pendidikan Anak-anak Terlantar, 228-234
I Nyoman Wijana
Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Variasi Pembelajaran Kooperatif, 235-241
Puji Rahayu
Mustiningsih
Asep Sunandar
Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Mengembangkan Hidden Curriculum, 242-250
Wijayanto
Nurul Ulfatin
Pengembangan Model Kaizen dengan Perangkat Fishbone Cause and Effect Diagram untuk Peningkatan Mutu Sekolah, 251-259
Rochmawati
Achmad Supriyanto
Imron Arifin
Pengelolaan Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Secara Online, 260-265
Arvynda Permatasari
Jurnal Manajemen Pendidikan volume 24 no. 2
DAFTAR ISI
Kontribusi Pembinaan Moral Kerja Guru Sekolah Dasar, 95-99
Nellitawati
Perspektif tentang Jam Pelajaran Tambahan Hubungannya dengan
Prestasi Belajar Siswa Kelas Unggulan dan Reguler, 100-107
Christella
Mustiningsih
Sunarni
Hubungan Pendekatan Manajemen Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa, 108-113
Agustin Sa’adah
Maisyaroh
Ahmad Supriyanto
Pendidikan Karakter dalam Perspektif Psikologis Siswa Sekolah Menengah Pertama di Era Globalisasi dan Multikultural, 114-124
Agustinus Hermino
Viengdavong Luangsithydeth
Pemetaan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah melalui Audit Manajemen Pendidikan, 125-134
Teguh Triwiyanto
Pengelolaan Penjaminan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri, 135-145
Sitti Roskina Mas
Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orangtua Peserta Didik, 146-156
Ruri Puspita Sari
Bambang Budi Wiyono
Analisi Animo Siswa Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
dalam Pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, 157-166
Rita Fajrin Muliyasari
Asep Sunandar
Pengembangan Web Database Mahasiswa dan Alumni, 167-174
Nur Fendi
Sultoni
Perbedaan Tingkat Etos Kerja antara Guru Tetatp dan Guru Tidak Tetap, 175-180
Titin Eka Sari
Ali Imron
Bambang Setyadin
Jurnal Manajemen Pendidikan volume 24 no. 1
DAFTAR ISI
Pembinaan (Pre Service Training) Kompetensi Kepribadian Mahasiswa, 1-8
Piter Joko Nugroho
Pembinaan Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, 9-20
Ahmad Yusuf Sobri
Pembentukan Iklim Sekolah dalam Perspektif Learning Community, 21-31
Rahmania Utari
Priadi Surya
Tina Rahmawati
Pengendalian Manajemen, Budaya Organisasi, Proses Kerja Tim, dan Kinerja Sekolah, 32-43
Raden Bambang Sumarsono
Manajemen Kelas Multikultural, 44-51
Shelly Andari
Hendyat Soetopo
Manajemen Peserta Didik di Sekolah Satu Atap, 52-60
Moh. Irfan
Bambang Budi Wiyono
Djum Djum Noor Benty
Manajemen Kurikulum Berbasis Tauhid, 61-67
Liya Mayasari
Teguh Triwiyanto
Publikasi Lembaga Pendidikan Katolik, 68-76
Lea Eka Puspitaningtyas
Ali Imron
Asep Sunandar
Manajemen Kelas Bilingual, 77-83
Tiara Dwi Aristasari
Kusmintardjo
Mustiningsih
Transformasi Budaya Disiplin Peserta Didik, 84-93
Desi Widiasari
Jurnal Manajemen Pendidikan volume 23 no. 6
DAFTAR ISI
Manajemen Strategi: Analisis Pemilihan Strategi Induk Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Bisnis, 487-496
Kasman
Gaya Kepemimpinan Managerial Grid Kepala Sekolah Dasar, 497-503
Wildan Zulkarnain
Manajemen Kurikulum Berbasis Informatika di Sekolah Menengah Kejuruan, 504-512
Gunawan Widi Prastyo
Mustiningsih
Asep Sunandar
Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar pada Daerah
Terpencil Daratan Pedalaman, 513-531
Piter Joko Nugroho
Iklim Sekolah, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Guru, 532-539
Raden Bambang Sumarsono
Hubungan Pemberian Insentif dan Motivasi Kerja dengan Aktivitas Pembelajaran Guru, 540-546
Firman Ashadi
Agus Timan
Pengembangan Program E-Journal Manajemen Pendidikan, 547-555
Mohammad Syahidul Haq
Bambang Setyadin
Ali Imron
Hubungan Motivasi Kerja dan Iklim Organisasi dengan Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil, 556-562
Anik Dwi Astuti
Ahmad Supriyanto
Manajemen Peserta Didik pada Sekolah Satu Atap sebagai Penuntasan Wajib Belajar di Daerah Terpencil, 563-571
Sinta Maya Sari
Nurul Ulfatin
Sultoni
Manajemen Kurikulum Kelas Bilingual, 572-577
Yuli Ernawati
Teguh Triwiyanto
Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 23 no. 5
DAFTAR ISI
Program Peningkatan Mutu Guru Berbasis Kebutuhan, 395-402
Dwi Esti Andriani
Keterhubungan Struktur dan Budaya Organisasi, 403-410
Asep Sunandar
Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Laboratorium, 411-417
Raden Bambang Sumarsono
Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif di SMAN Se-Kabupaten Lumajang, 418-423
Firzha Tri Aningtyas Putri
Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah, 424-433
Irma Septiani
Bambang Budi Wiyono
Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School Terhadap Motivasi Belajar, 434-438
Tiara Rosalina
Manajemen Pengembangan Kerjasama Antara Sekolah dan Dunia Usaha dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan, 439-444
Nikko Edistya Purnanto
Ali Imron
Strategi Peningkatan Mutu Manajemen melalui Pengembangan Program Sekolah, 445-453
Ida Ayu Yoni Septi
Peran Warga Sekolah dalam Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup, 454-459
Kurnia Cia Lusty
Maisyaroh
Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dengan Prestasi Belajar, 460-466
Nur Widia Wardani
Nurul Ulfatin
Analisi Satuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Universitas Negeri Malang, 467-478
Ahmad Rahman Budiman
Bambang Setyadin
Manajemen Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Pasuruan, 479-486
Nora Lorentia Febirauqa
Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 25 no. 2
DAFTAR ISI
Pemenuhan Standar Kelulusan dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah, 121-128
Sulasminten
Erny Roesminingsih
Syunu Trihantoyo
Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah Menengah Pertama
Negeri, 129-133
Muslimin
Manajemen Kurikulum Pelatihan di Autotronic
Department, 134-142
Candra Iswahyudi
M. Huda A. Y
Raden Bambang Sumarsono
Latar Belakang Pendidikan, Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan, dan Produktivitas Guru Sma Negeri, 143-150
Choiril Irwan
Perbedaan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa
Administrasi Pendidikan Berdasar Variasi Asal
Sekolah dalam Proses Perkuliahan, 151-159
Bahtiar Agung Pambudi
Bambang Setyadin
Asep Sunandar
Strategi Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pembelajaran, 160-168
Inun Wahyu Lestari
Imron Arifin
Persepsi Guru Terhadap Budaya Sekolah dalam Hubungannya dengan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri, 169-175
Reni Wahyuni
Nurul Ulfatin
Peningkatan Perilaku Disiplin Peserta Didik Melalui Layanan
Credit Point System (CPS), 176-184
Erika Mei Budiarti
Djum Djum Noor Benty
Intensitas Komunikasi, Motivasi Kerja, dan Kinerja Tenaga
Kependidikan, 185-190
Anik Wulandari
Imron Arifin
Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester, 191-199
Desi Rostika
Wildan Zulkarnain
Manajemen Ekstrakurikuler Teaching In Elementary School (Ties) di Sekolah Boarding Academy, 200-207
Angelia Fransisca Donnata
Ali Imron
Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,208-214
Arrachmil Azizah
Ahmad Yusuf Sobri
Hubungan Mutu Fasilitas Sekolah dengan Kepuasan Peserta Didik
di Sekolah Menengah Atas (Sma) Negeri, 215-223
Arif Prastiawan
Mustiningsih
Bambang Budi Wiyono
Strategi Yayasan untuk Menarik Minat Orang Tua dalam
Menyekolahkan Anaknya, 224-232
Vivi Fitriana
Teguh Triwiyanto
Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 233-243
Kasrani