Mahasiswi dengan nama lengkap Annisa Rahmadita merupakan mahasiswi angkatan 2020 dari Departemen Admininistrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Annisa telah berhasil melaksanakan ujian skripsi yang dilaksanakan pada hari Senin, 4 Juni 2024 pukul 13.00-14.30 WIB di ruang Kepala Laboratorium Administrasi Pendidikan. Pada pelaksanaan ujian skripsi tersebut, Annisa memaparkan hasil penelitian yang dilaksanakannya dengan judul “Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Proses Kepemimpinan Pembelajaran (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Malang). Ia memaparkan hasil penelitiannya di depan para penguji yakni Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd., Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd., dan Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd., M.Si. Keputusan dari dilaksanakannya ujian tersebut menghasilkan kelayakan atas Annisa Rahmadita untuk lulus skripsi yang telah ditempuh.
Pemaparan melalui presentasi yang dilakukan oleh Annisa untuk mendeskripsikan tiga fokus penelitiannya antara lain: (1) karakteristik kepemimpinan pembelajaran Kepala SMAN 2 Malang dalam peningkatan profesionalisme guru; (2) strategi peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran; dan (3) hasil dari pelaksanaan kegiatan peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran. Proses pengambilan data yang dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala sekolah dan beberapa guru di SMAN 2 Malang, observasi dengan cara mengamati di lapangan, serta studi dokumentasi sebagai data pendukung hasil yang diperoleh.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan oleh Annisa, maka hasil yang diperoleh yakni: (1) karakteristik kepemimpinan pembelajaran Kepala SMAN 2 Malang dalam peningkatan profesionalisme guru diterapkan melalui dua karakteristik. Karakteristik pertama adalah melalui sikap peduli terhadap warga sekolah. Sikap peduli terhadap warga sekolah tersebut ditunjukkan oleh Kepala SMAN 2 Malang dengan memberi teladan, mengayomi warga sekolah, dan ikut dalam mengembangkan prestasi. Karakteristik kedua adalah melalui keikutsertaannya dalam manajemen pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh Kepala SMAN 2 Malang dengan cara update terhadap informasi pembelajaran, ikut serta dalam perencanaan pembelajaran, melakukan penilaian dan supervisi pembelajaran, melakukan evaluasi dan refleksi dalam pembelajaran, serta melibatkan komite sekolah dan orang tua siswa dalam pembelajaran; (2) strategi peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran antara lain mengadakan evaluasi bulanan peningkatan profesionalisme guru, menyelenggarakan workshop atau In House Training (IHT) peningkatan profesionalisme guru, melakukan supervisi, mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), menyelenggarakan benchmarking untuk peningkatan profesionalisme guru, serta mengadakan seminar dan diseminasi peningkatan profesionalisme guru; (3) hasil dari pelaksanaan kegiatan peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Malang sebagai pemimpin pembelajaran antara lain adanya laporan penugasan yang disusun oleh guru, terjadinya peningkatan kinerja guru, teraihnya prestasi guru, prestasi siswa, dan prestasi sekolah.
Proses penyelesaian skripsi ini memang tidak mudah, namun dikarenakan adanya komitmen, dukungan, dan tekad yang penuh sehingga Annisa dapat menyelesaikannya tepat waktu. Hal tersebut tidak luput dari doa orang-orang di sekeliling Annisa. Annisa juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingannya selama menyusun hasil penelitian ini. Terima kasih juga disampaikan oleh Annisa kepada dosen penguji yang memberikan kemudahan dalam pelaksanaan ujian skripsi. Annisa berharap hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan.