Mahasiswa Universitas Negeri Malang Departemen Administrasi Pendidikan bernama Laily Amalia Rahmawati berhasil menyelesaikan rangkaian sidang skripsi yang berjudul “Pengaruh Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komitmen Guru Terhadap Tingkat Kinerja Guru SMA Islam se-Kota Malang” pada Hari Jumat, 14 Juni 2024. Sidang skripsi dilaksanakan di Gedung D4.104 mulai pukul 09.00 s.d 10.30 WIB.

Pelaksanaan kegiatan sidang skripsi melibatkan 3 Dewan Penguji, yaitu: (1) Prof. Dr. Asep Sunandar, S.Pd, M.AP selaku Dosen Penguji Utama; (2) Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd selaku Dosen Pembimbing 1 sekaligus Dosen Penguji 1 dan (3) Prof. Drs. H. Burhanuddin, M.Ed., Ph.D selaku Dosen Pembimbing 2 sekaligus Dosen Penguji 2. Kegiatan dibuka oleh dosen pembimbing 1 dan dilanjutkan dengan presentasi hasil penelitian skripsi oleh Laily Amalia Rahmawati selama 15 menit. Namun, waktu presentasi hasil skripsi hanya 2 dosen penguji dikarenakan dosen penguji 2 sedang menguji mahasiswa lain. Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan tanya jawab dan diskusi antara mahasiswa dengan dewan penguji. Kegiatan terakhir hal mendebarkan, yakni penentuan kelulusan mahasiswa. Hasilnya Alhamdulillah, Laily Amalia Rahmawati dinyatakan lulus dengan nilai yang cukup memuaskan.

Tujuan penelitian yang dilakukan oleh Laily Amalia Rahmawati di SMA Islam se-Kota Malang yakni: (1) mengetahui tingkat keefektifan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Islam se-Kota Malang; (2) mengetahui tingkat komitmen guru SMA Islam se-Kota Malang; (3) mengetahui tingkat tingkat kinerja guru SMA Islam se-Kota Malang; (4) untuk menganalisis pengaruh keefektifan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Islam se-Kota Malang; (5) menganalisis pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru SMA Islam se-Kota Malang; dan (6) menganalisis pengaruh keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru terhadap kinerja guru SMA Islam se-Kota Malang.

Sampel penelitian sejumlah 123 guru ditetapkan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keefektifan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Islam Se-Kota Malang dalam kategori tinggi dengan mean 105,72 serta faktor perbedaan jenis kelamin dan usia responden tidak adanya perbedaan terhadap persepsi keefektifan kepemimpinan kepala sekolah; (2) tingkat komitmen guru di SMA Islam Se-Kota Malang dalam kategori tinggi dengan mean 92,28 serta perbedaan jenis kelamin responden tidak adanya perbedaan persepsi terhadap komitmen guru, sedangkan terdapat perbedaan persepsi responden berdasarkan usia terhadap komitmen normatif guru; (3) tingkat kinerja guru di SMA Islam Se-Kota Malang dalam kategori tinggi dengan mean 107,04 serta tidak ada perbedaan jenis kelamin dan usia responden terhadap kinerjanya; (4) terdapat pengaruh keefektifan kepemimpinan kepala sekolah terhadap tingkat kinerja guru; (5) terhadap pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru; dan (6) terdapat pengaruh keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru terhadap tingkat kinerja guru.

Menurut hasil penelitian Di SMA Islam se-Kota Malang para guru menilai kepala sekolah mereka telah menerapkan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dengan baik. Serta secara umum guru juga memiliki tingkat komitmen dan kinerja yang baik pula. Laily Amalia Rahmawati menyimpulkan bahwa keefektifan kepemimpinan kepala sekolah dapat mempengaruhi tingkat kinerja guru, dikarenakan kepala sekolah sebagai motor penggerak bagi guru, yang dapat memajukan sekolah. Selain itu, komitmen yang dimiliki guru juga dapat menumbuhkan tingkat kinerjanya.

Translate »