Isnaini Umi Rahayu merupakan mahasiswi angkatan 2020 Departemen Administra Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pada tanggal 10 Juni 2024 ia berhasil melaksanakan ujian sidang skripsi pada pukul 09.30-10.30 WIB yang dilaksanakan di Gedung D5 ruang laboratorium Administrasi Pendidikan. Pada sidang tersebut ia memaparkan hasil dari penelitian yang berjudul “Kreativitas Guru Untuk Mengembangkan Kemampuan Collaboration Peserta Didik Di SDN Bakalan Krajan 1 Malang” dengan didampingin oleh 3 penguji yaitu, Dr. Teguh Triwiyanto, S.Pd., M.Pd., Desi Eri Kusumaningrum, S.Pd, M.Pd., Ahmad Nurabadi, S.Pd., M.Pd. Keputusan dari dilaksanakannya sidang tersebut menghasilkan kelayakan atas saudari Isnaini Umi Rahayu untuk lulus dari skripsi yang telah dijalaninya.

Selama presentasi Isnaini Umi Rahayu memaparkan kepada dewan penguji terkait fokus penelitian yang dibahan. Terdapat 3 Fokus yang dibas dalam penelitian ini, yaitu: (1) kreativitas guru di SDN Bakalan Krajan 1 Malang; (2) upaya dan dampak pembelajaran berkelompok dalam mengembangkan kemampuan collaboration peserta didik di SDN Bakalan Krajan 1 Malang; (3) pendekatan yang dilakukan guru terhadap peserta didik di SDN Bakalan Krajan 1 Malang.

            Dari hasil penelitian yang dilakukan Isnaini Umi Rahayu menemukan bahwa: (1) kreativitas guru berupa kesepakatan pembelajaran, pemberian motivasi, penguasaan kelas yang dilakukan guru, penggunaan media ajar, desain kelas, pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran; (2) upaya dan dampak pembelajaran berkelompok dalam meningkatkan kemampuan collaboration peserta didik berupa keaktifan, tanggung jawab, menerima konsekuensi, kondusif, kerjasama antar anggota, hal itu berasal dari pemetaan berdasarkan minat, gaya belajar, dan kesiapan belajar, (3) pendekatan yang dilakukan guru terhadappeserta didik berupa melakukan assessment diagnostic, pendekatan personal, pendekatan bakat minat, mencari informasi dari guru sebelumnya, mencari informasi dari orang tua, hasil belajar, bimbingan khusus.

            Alasan Isnaini Umi Rahayu melakukan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas yang dilakukan oleh guru karena belum semua guru memiliki kreativitas yang dapat mengembangkan kemampuan collaboration peserta didik. Isnaini Umi Rahayu memilih SDN Bakalan Krajan 1 Malang sebagai sekolah yang diteliti karena terdapat 2 guru penggerak dan tidak semua sekolah sudah terdapat guru penggerak, dimana guru pennggerak selalu diasah dan dilatih untuk selalu mengembangkan kemampuan pada dirinya.

            Atas perolehan gelar sarjana Isnaini Umi Rahayu selalu bersyukur karena telah berhasil melewati semua ini. Semua ini tidak lepas dari dorongan serta doa orang tua yang setiap hari selalu memberikan semangat. Disaat Isnaini Umi Rahayu merasa putus asa disitu terdapat orang tua yang selalu ada menemaninya walaupun kehadirannya tidak terdapat secara langsung tetapi orang tua selalu memberikan semangat tak henti-henti

Translate »