Universitas Negeri Malang, 11 Mei 2024 – Dalam rangka meningkatkan keterampilan praktis dan memfasilitasi perbaikan konsisten dalam proses belajar, Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan workshop penulisan artikel ilmiah dan esai. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari webinar yang telah dilaksanakan pada hari Jumat lalu, dan diadakan secara online melalui Zoom pada hari Sabtu.

Workshop ini menarik perhatian besar dengan kehadiran total 472 peserta, yang terdiri dari 158 peserta umum dan 314 guru. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, masing-masing dikhususkan untuk penulisan artikel ilmiah dan esai. Narasumber Imam Gunawan, M.Pd adalah seorang pengajar terkemuka dan dikenal sebagai Best Scientist di UM, memimpin sesi untuk peserta umum. Dalam sesinya, beliau membagikan berbagai tips dan trik dalam menulis artikel ilmiah. “Sumber ide untuk menulis sangat beragam, bisa berasal dari pengalaman kerja, materi kuliah, peristiwa aktual, hingga minat khusus seperti mode atau budaya,” jelas Imam.

Gambar 1. Pemaparan Materi dari Bapak Imam Gunawan, M.Pd

Sementara itu, sesi untuk Calon Guru Penggerak (CGP) dipandu oleh Hasma Nur Jaya, M.Si, seorang asesor di Kemendikbudristek. Sesi ini mengarahkan guru-guru untuk mengembangkan kemampuan menulis esai yang reflektif dan kritis, yang penting dalam peran mereka sebagai pendidik yang inovatif dan responsif terhadap perubahan dalam dunia pendidikan. “Tips sumber ide menulis itu sangat banyak sekali, diantaranya: pengalaman kerja atau profesi, bahan perkuliahan, peristiwa aktual, permasalahan dalam masyarakat, dan minat khusus seperti mode, budaya atau kesehatan. Intinya, tulislah apapun yang kita pikirkan, kita rasakan, itulah warisan berharga kita yang membuat kita abadi, dan menjadi amal yang terus mengalir,” ungkapnya.

Gambar 2. Pemaparan Materi dari Ibu Hasma Nur Jaya, M.Si

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pelatihan teknis dalam penulisan, tetapi juga mendorong pembentukan jaringan antar peserta yang dapat mendukung pertumbuhan profesional berkelanjutan. Keberadaan jaringan ini sangat vital dalam mendukung pertumbuhan profesional berkelanjutan para pendidik, memberikan platform untuk bertukar gagasan, strategi, dan inovasi pendidikan. Kegiatan ini menegaskan komitmen Universitas dalam mempersiapkan tenaga pendidik yang adaptif dan proaktif, siap menghadapi dinamika pendidikan kontemporer. Dengan demikian, UM terus menunjukkan dedikasinya dalam mengembangkan pendidik yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga mampu memberikan kontribusi signifikan dalam evolusi pendidikan di era modern./*wrd

Translate ยป