Foto Amelia Dwi Lestari (AP 2021) saat program MSIB di Instragram alfakarir.malang

Salah satu mahasiswa Departemen Administrasi Pendidikan angkatan 2021 yang bernama Amelia Dwi Lestari telah lolos Program Magang Bersertifikat Batch 6 yang diselenggarakan oleh KEMDIKBUD-RISTEK tahun 2024. Amel berhasil diterima magang di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Branch Malang pada bagian Learning Operation, dan kegiatan magang berlangsung selama lima bulan dari tanggal 16 Februari 2024 sampai dengan 30 Juni 2024.

Amel menceritakan banyak mata kuliah di Departemen Administrasi Pendidikan yang relevan dan sangat berguna ketika magang, “Ada beberapa mata kuliah yang berguna ketika saya menjalani kegiatan magang di Alfamart, yang pertama mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) karena saya masuknya di divisi people and development yang pastinya secara langsung terlibat dalam mengurus dan mengatur SDM di alfamart, kemudian ada Manajemen Perkantoran yang pastinya berguna sekali karena beberapa materi yang diajarkan oleh dosen mengenai bagaimana dunia perkantoran itu relate dengan keadaan saat magang di alfamart, Manajemen Sarana Prasarana berguna pada saat melakukan scope project, yaitu SO equipment Training as Selection di Alfamart, kemudian yang terakhir ada mata kuliah Belajar Pembelajaran, dimana kita akan ikut andil dalam kegiatan Training As Selection Crew Alfamart, dan masih banyak lagi,”ujar Amel.

Kegiatan Serah Terima Seragam Crew Store

Tidak hanya itu, Amel juga menceritakan bagaimana suka dan duka magang Alfamart Branch Malang pada bagian Learning Operation, “Selama 5 bulan saya magang di Alfamart lebih banyak sukanya daripada dukanya, ketika magang sukanya tidak hanya datang dari tugas-tugas seru dan menyenangkan, tetapi juga dari kesempatan berharga untuk merasakan dunia kerja yang nyata. Para mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung mengenai operasional ritel, bertemu teman-teman baru dari berbagai universitas ternama seperti Universitas Udayana, Universitas Airlangga, dan Universitas UPN Jatim, serta menjalin relasi dengan rekan kerja yang sangat baik dan perhatian. Mereka juga sering menjalani perjalanan dinas ke luar kota karena cakupan area Alfamart cabang Malang yang luas, sehingga menambah keseruan dan tantangan dalam magang, Meskipun awalnya adaptasi dengan lingkungan kantor sempat menjadi tantangan, namun hal ini tidak berlangsung lama, “ungkap Amel.

Program magang ini memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa. Selain pengalaman berharga yang tidak bisa ditemukan di bangku kuliah, mereka juga mendapatkan teman-teman dari berbagai universitas, uang saku dari Kemendikbud, dana apresiasi, dan voucher belanja dari Alfamart. Dengan semua pengalaman dan manfaat tersebut, program magang di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Branch Malang menjadi salah satu kesempatan yang sangat berharga dan menyenangkan bagi para mahasiswa. */nk

Translate »