Mahasiswa Universitas Negeri Malang, Septhia Ayu Sri Wulandari, berhasil lolos sidang skripsi. Sidang skripsi yang digelar di ruang khusus sidang skripsi Gedung D5 Laboratorium Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Ujian skripsi dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Mei 2024 tepat pukul 09.00 WIB. Septhia Ayu Sri Wulandari mampu melewati berbagai romantika sebagai mahasiswa semester akhir di kampus ini.

Ujian skripsi tak semenakutkan yang difikirkan sebelumnya. Awalnya, gerogi dan deg-degan saat mempersiapkan serta melaksanakan sidang skripsi. Namun, Septhia Ayu Sri Wulandari mampu menguasai materi dengan baik dan mempresentasikan materi dengan lancar.

Dalam sidang skripsi Septhia Ayu Sri Wulandari yang berjudul EVALUASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DAN KIRKPATRICK DI SMA NEGERI KOTA MALANG diuji oleh tiga dosen penguji yakni Prof. Dr. Hj Nurul Ulfatin, M.Pd sebagai penguji utama, Dr. Sunarni, S.Pd., M.Pd sebagai penguji I dan Desi Eri Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd sebagai penguji II. Ujian berlangsung secara khidmat, lancar, dan sukses. Septhia Ayu Sri Wulandari dinyatakan lulus tepat waktu.

Skripsi mengenai “Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Menggunakan Model CIPP dan Kirkpatrick di SMA Negeri Kota Malang” diciptakan dengan berbagai maksud dan tujuan yaitu sebagai berikut: 1) Mengetahui tingkat ketercapaian berdasarkan evaluasi CIPP dan Kirkpatrick kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Kota Malang; 2) Mengetahui tingkat ketercapaian berdasarkan evaluasi CIPP kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Kota Malang; 3) Mengetahui tingkat ketercapaian berdasarkan evaluasi Kirkpatrick kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Kota Malang; 4) Mengetahui tingkat perbedaan ketercapaian kurikulum merdeka belajar berdasarkan jenis model evaluasi CIPP dan Kirkpatrick; dan 5) Mengetahui tingkat perbedaan ketercapaian kurikulum merdeka belajar berdasarkan sekolah, cluster, jenis kelamin dan guru kelas.

Evaluasi kurikulum merdeka belajar dengan menggunakan model CIPP dan Kirkpatrick di SMA Negeri Kota Malang adalah hal yang utama yang perlu diperhatikan dalam manajemen kurikulum. Dalam proses evaluasi hendaknya memperhatikan aspek context, input, process dan product dalam cakupan kurikulum. Penerapan kurikulum merdeka belajar tentu menekankan terhadap aspek peserta didik. Dengan adanya penerapan kurikulum merdeka belajar, peserta didik diharapkan mampu meningkatkan literasi dan numerasi serta menerapkan Profil Pelajar Pancasila (P3) dalam kehidupan sehari – hari. Adapun hal yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). /*spt

 

Translate »