cover semnas fip 2017

PROSIDING

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FIP UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2017
SINERGITAS KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Kegiatan seminar nasional pendidikan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2017, bertempat di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (Jl. Semarang 5 Kota Malang).

Narasumber kegiatan seminar yaitu:
1. Dr. Kak Seto Mulyadi (Pemerhati Anak)
Tema: Peran Keluarga dan Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter.
2. Dr. Umi Dayati, M. Pd (Motivator ASEAN/Universitas Negeri Malang)
Tema: Peran Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter.

Berikut daftar prosidingnya:

Cover

Pendahuluan dan Daftar Isi

01 Kepemimpinan Berbasis Nilai Dan Etika: Suatu Kajian Interaksi Simbolik Kyai Dan Santri Adhe Kusuma Pertiwi,  Sinta Septia Anggra Cahyani, Risma Chulashotud Diana, Imam Gunawan 1-9

02 Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Layanan Konseling Berbasis Blended Learning Dan Implikasinya Terhadap      Pengembangan Karakter Adi Atmoko, Henny Indreswari, Irene Maya Simon, Nugraheni Warih Utami, Khairul Bariyyah 11-28

03 Penerapan Pembelajaran Berbasis Sentra Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Prasekolah Adlan Alif, Widya Wulantika 29-38

04 Excellent House: Pendampingan Psikologi Dan Konseling Anak Buruh Imigran Agrery Ayu Nadiarenita, Greatta Pujalarasaty, Siti Risalatin Ningsih, M. Bahrul Ulum, Afifah Wahda Tyas Pramudita 39-46

05 Pengembangan Konten Bahan Ajar Berbasis Flip Book Untuk Menunjang Proses Pembelajaran Blanded Learning Agusti Mardikaningsih 47-50

06 Manajemen Pendidikan Islam Di Pesantren; Berbasis Kearifan Lokal Kajian Fenomenologis Ahmad Fauzi 51-62

07 Penyemaian Nilai Karakter Melalui Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Ahmad Yusuf Sobri 63-72

08 Sosok Guru Yang Diidamkan Oleh Kurikulum 2013 Alma’idah Hayuning Sesanti 73-78

09 Optimalisasi Teknik-Teknik Hubungan Lembaga Pendidikan Dan Masyarakat Annisa Widiarti, Hapsari Dwi Marta Lita, Barson Robert Murib 79-83

10 Rancang Bangun Interactive Surface And Barcode Scanning Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Anton Agus Setiawan 85-97

11 Pemanfaatan Google Drive Untuk Penyimpanan Dan Keamanan Data Sekolah Barson Robert Murib, Hapsari Dwi Marta Lita, Annisa Widiarti 99-109

12 Peran Pendidikan Nonformal Dalam Menumbuhkan Karakter Demokratis Bayu Adi Laksono 111-119

13 Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Bayu Aji Pangestu 121-126

14 Pemberdayaan Tenaga Administrasi Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren Desi Eri Kusumaningrum, Raden Bambang Sumarsono, Imam Gunawan 127-138

15 Menjadi Orangtua Terbaik Untuk Anak Dengan Metode Pengasuhan Yang Tepat Dwi Retno Aprilia, Aisyah 139-145

16 Pembekalan Futuristik Untuk Menghadapi Perkembangan Kualitas Pendidikan Kompetitor Sebaya Effendi 147-152

17 Strategi Pendidikan Dalam Menghadapi Transmisi Waktu Erina Budi Purwantiningsih 153-167

18 Fungsi Guru Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Faizah Nur Amalia, Nurida Mashita, Novita Tri W. 169-180

19 Strategi Pembinaan Dan Pengembangan Minat Baca Peserta Didik Hapsari Dwi Marta Lita, Annisa Widiarti, Barson Robert Murib 181-186

20 Menguatkan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Hasan Argadinata, Friska Fridiana Putri 187-197

21 Nasionalisme Sebagai Karakter Alumni Dan Mahasiswa Tingkat Akhir Menjadi Indikator Keberhasilan Inovasi Pembelajaran (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Teknologi Pendidikan) Henry Praherdhiono, Eka Pramono Adi 199-209

22 Standar Kompetensi Kepala Sekolah Pemula Sebagai Pemimpin Dalam Inovasi Belajar Ibrahim Bafadal, Ahmad Yusuf Sobri, Ahmad Nurabadi 211-227

23 Fenomena Penyimpangan Perkembangan Yang Terganggu Dalam Perkembangan Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus Mengenai Permasalahan Membaca Dan Berhitung Pada Anak Sekolah Dasar Ika Anahdliyah, Atsnaul Ilahiyah 229-236

24 Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Tunagrahita Sedang Kelas IV Ika Rosalina, Agung Kurniawan 237-247

25 Kompetensi Guru Sekolah Dasar: Sebuah Analisis Reflektif Dengan Teknik Supervisi Pengajaran Penilaian Diri Sendiri Imam Gunawan, Ika Alifiyah, Febrina Evananda 249-258

26 Model Pembelajaran Paikem Batik Untuk Mewujudkan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Indah Desiana Putri 259-268

27 Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Upaya Memperkuat Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Indra Dwi Wijayanti, Ibrahim Bafadal, Burhanuddin 269-276

28 Perspektif Anak Usia Sekolah Dasar Terhadap Program Siaran Televisi Dalam Mendukung Konsep Diri Ismi Kulsumaning Ayu, Sihkabuden, Zainul Abidin 277-282

29 Inovasi Aplikasi DDS (Deteksi Disorientasi Seksual) Sebagai Pendeteksi Penyimpangan Perilaku Seksual Melalui Game Berbasis Mobile Learning Untuk Anak Usia Dini Khoirunnisa’ 283-289

30 Efisiensi Regrouping Sekolah Ditinjau Dari Peran Stakeholder Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Lilis Suryani Octavia, Nurul Ulfatin, Imron Arifin 291-305

31 Pendidikan Iman Sebagai Basis Pembangunan Karakter (Suatu Tinjauan Psikologi Pendidikan Islam) Lis Yulianti Syafrida Siregar 307-320

32 Peran Pendidikan Luar Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Muslim Haidar 321-329

33 Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Ni Luh Sakinah Nuraini 331-336

34 Pemanfaatan Video On Demand sebagai Sarana Berbagi Pengalaman bagi Guru Bidang Studi Tunggal dalam Pembelajaran Tematik Novi Dwi Hapsari, Priscillia Andrianita Effendy, Sary Nur Handayani 337-341

35 Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Higer Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran Tematik SD Pipit Pudji Astutik 343-354

36 Pendidikan Sejak Usia Dini sebagai Pemahaman yang Sangat Fundamental pada Karakteristik Anak Rahmah Dwi Sistiarini 355-359

37 Ar Qurani (Al Ibrah Qurani): Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Qurani Pada Anak Muslim Indonesia Berbasis Modul Kisah Teladan Al Quran Risma Chulashotud Diana 361-373

38 Poster Sebagai Media Pendidikan Karakter Rita Wulandari 375-380

39 Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Peningkatan Penguasaan Tata Kalimat Pada Siswa Tunarungu Rizqi Fajar Pradipta, Umi Safiul Ummah, Sinta Yuni Susilawati 381-390

40 Memilih Sistem Blended Learning Untuk Penguatan Karakter Belajar Mahasiswa Sihkabuden, Eka Pramono Adi, Arafah Husna 391-400

41 Pengembangan Sanggar Flamboyan Muharto Sebagai Children And Community Center Sahabat Sampah Silvia Retnaningtyas, Emilia Nurir Rohmah, Dwi Rahmah Hidayati, Desi Eri Kusumanigrum 401-407

42 Portal Pelatihan Pra-Nikah (PORPLAN) Untuk Mengurangi Tingkat Perceraian Pada Pernikahan Dini Suci Lestari; Priscillia Andrianita Effendy; Nia Hidayanti 409-413

43 Kontribusi Dan Desain Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Seni Budaya Sumartini Rahayu 415-434

44 Guru Dan Digital Superhero: Gamifikasi Untuk Peningkatan Kompetensi Tpack Calon Guru Taufik Ikhsan Slamet 435-445

45 Pembelajaran Menyenangkan Dengan Media “Multifunctional Carton Box For Education” Vendyah Trisnaningtyas 447-452

46 Nilai-Nilai Pemikiran K.H Hasyim As’ari Dalam Pendidikan Akhlak Via Amalia Via Amalia Khusna, Rosita Dwi Anggraini 453-465

47 Loyalitas Dan Peran Aktif Siswa Dalam Mendukung Penguatan Pendidikan Karakter Wahyu Okta Sulistiani 467-472

48 Penggunaan Media Komik Terhadap Perilaku Disiplin Pada Anak Tunagrahita Wiwik Dwi Hastuti, Endro Wahyuno, Dewi Yuliani 473-481

49 Model Keterlibatan Orangtua Dalam Optimalisasi Program Stimulasi Motorik Kasar Wuri Astuti, Farah Adiba Nailul Muna 483-494.

50 Belajar Mewarnai Gambar Pada Interactive Whiteboard Yerry Soepriyanto, M Bagus Ainun Najib, Moch Soleh 495-500

51 Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa PGSD Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Yuniawatika 501-509

52 Sekolah Siaga Bencana: Kajian Evaluatif Kesiapsiagaan Sekolah Menghadapi Bencana Zulfianti Rosyida Zahro, Hana Andriningrum, Elmawati Purnama Sari, Imam Gunawan 511-519

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FIP UM 2017