Foto. Mahasiswa AP setelah praktik Games dinamika kelompok

Pendekatan pengajaran yang digunakan Departemen Administrasi Pendidikan bukan hanya berfokus pada teori saja, tetapi juga memasukkan praktik langsung yang memungkinkan mahasiswa untuk mengalami proses pembelajaran secara nyata, salah satunya melalui mata kuliah dinamika kelompok yang merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Administrasi Pendidikan.

Dinamika kelompok merupakan salah satu mata kuliah yang dapat melatih mahasiswa dalam kemampuan memimpin, karena melakukan learning by playing (doing) yang dapat melatih mahasiswa, terutama melalui tenik-teknik game. Mata kuliah dinamika kelompok ini diampu oleh Bapak Wildan Zulkarnain, S.Pd, M.Pd.

Matakuliah ini dikemas dengan membentuk beberapa kelompok, dan setiap kelompok membuat rancangan game yang akan dilaksanakan. Game yang dilaksankan mahasiswa ini menerapkan komunikasi efektif dalam kelompok dan hubungan interpersonal. Di dalam game nantinya para mahasiswa mampu memecahkan masalah dalam pembuatan keputusan kelompok, praktik manajemen konflik dalam tim kerja organisasi, serta mempraktikkan team building untuk meningkatkan kerjasama tim.

Foto. Sesi games dinamika kelompok

Ahmad Maulana Irsyad atau yang biasa disapa Maul merupakan salah satu mahasiswa semester empat yang sedang menempuh mata kuliah dinamika kelompok. Maul bersama dengan timnya membuat game “take your friend” dimana game ini bertujuan untuk melatih peserta game berkomunikasi satu sama lain dalam upaya memecahkan masalah suatu kelompok. Peserta dalam permainan ini terdiri dari 25 orang yang dibagi menjadi 5 tim. Maul, mengungkapkan kebahagiaannya melihat para peserta antusisas melakukan game tersebut. Pada mata kuliah ini game yang dilakukan tidak sekedar untuk seru-seruan saja, namun kita juga belajar untuk menerima pendapat satu sama lain saat menentukan strategi terbaik untuk memenangkan permainan,” ujar Maul.

Setelah dilaksanakannya game, semua peserta dikumpulkan untuk melakukan refleksi, refleksi ini bertujuan untuk mengevaluasi, memahami, dan belajar dari game yang telah dilakukan. Dengan adanya sistem pembelajaran yang dikemas seperti ini, diharapkan mahasiswa dapat bekerja sebagai bagian dari tim, mengembangkan keterampilan, dan meningkatkan kualitas kerja dalam tim yang sangat penting bagi kemampuan berkolaborasi ketika nantinya sudah memasuki dunia kerja./nk*

Translate »