Mahasiswi Universitas Negeri Malang bernama Bella Wahyu Rahmadani angkatan 2020 berhasil lolos dan menyelesaikan sidang skripsi. Sidang skripsi dilaksanakan di ruangan khusus yang bertempat di gedung D5 Laboratorium Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang pada hari Selasa, 14 Mei 2024 tepat pukul 10.00-11.30 WIB. Disini, ia mampu melewati berbagai romantika suka dan duka dalam menjalankan semester akhir di kampus ini.

Sidang skripsi yang menjadi hal yang ditakutkan kalangan mahasiswa, pada kenyataannya tidak semenakutkan yang dibayangkan selama ini. Tentunya, sebelum hari-h pelaksanaan sidang perasaan tegang, takut, dan menerka-nerka bahwa sidang skripsi akan menjadi hal yang sangat menakutkan, ditambah dengan beragam pertanyaan yang akan dilontarkan oleh dosen penguji serta muncul rasa grogi dan cemas yang dirasakan menjadi suatu hal yang sangat menakutkan bagi kalangan mahasiswa. Namun, Bella Wahyu Rahmadani berhasil melalui tahap demi tahap sidang skripsi dengan baik dan lancar, meskipun disertai adanya perasaan terharu ketika pengumuman kelulusan. Adanya beragam persiapan yang matang sehingga Bella Wahyu Rahmadani mampu menguasai materi dan mempresentasikan materi dengan baik dan optimal. 

Sidang skripsi dengan judul “Pengaruh Budaya Korean Pop (K-Pop) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung” diuji oleh tiga dosen penguji yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Supriyanto, M.Pd., M.Si. (Penguji Utama), Prof. Dr. Asep Sunandar, S.Pd., M.AP. (Dosen Pembimbing I), dan Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos., M.Pd. (Dosen Pembimbing II). Ujian berjalan dengan lancar, khidmat dan sukses tanpa adanya halangan satupun. Bella Wahyu Rahmadani dinyatakan telah berhasil melaksanakan sidang skripsi dengan kriteria lulus tepat waktu dan memperoleh nilai memuaskan.

Skripsi mengenai “Pengaruh Budaya Korean Pop (K-Pop) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung” dilaksanakan dengan maksud dan tujuan penelitian, yaitu sebagai berikut: (1) mengetahui tingkat animo peserta didik SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung terhadap budaya Korean Pop (K-Pop); (2) mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung; dan (3) mengetahui pengaruh budaya K-Pop terhadap motivasi belajar peserta didik SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung. 

Pengaruh kehadiran budaya K-Pop terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan oleh pihak sekolah. Motivasi belajar peserta didik yang tinggi menjadi kunci keberhasilan capaian pembelajaran di sekolah. Animo peserta didik terhadap budaya K-Pop yang tinggi membuktikan pengaruh budaya asing yang cukup kuat di kalangan peserta didik. Budaya K-Pop yang hadir di kalangan peserta didik menjadi sarana motivasi ekstrinsik peserta didik untuk bersemangat belajar tentunya memberikan aspek nilai positif yang membawa pengaruh berbeda-beda pada masing-masing peserta didik. Pengaruh tersebut dapat berupa dampak positif ataupun dampak negatif. Tidak hanya peran dari dalam diri sendiri peserta didik, diperlukan peran penting bagi segenap pihak baik sekolah ataupun orang tua untuk mengoptimalkan motivasi belajar yang mampu memberikan semangat belajar peserta didik sehingga pencapaian keberhasilan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal. */bwr

Translate »